fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Bagaimana Terhindar dari Penipuan Investasi Bisnis

1 min read

bagaimana terhindar dari penipuan berkedok investasi bisnis

Keahlian menghasilkan uang itu penting, namun keahlian menjaga uanga yang sudah Anda hasilkan itu jauh lebih penting. Di atas muka bumi ini, banyak orang yang berkepentingan untuk menguras dompet Anda. Tugas Anda adalah menjaga dompet Anda dengan baik.

bagaimana terhindar dari penipuan berkedok investasi bisnis
Tips terhindar dari penipuan berkedok investasi bisnis

Salah satu penguras dompet paling ahli adalah para penipu berkedok pengelola investasi bisnis. Berikut adalah tips agar Anda terhindar dari penipuan berkedok investasi bisnis.

  1. Gunakan akal sehat Anda. Pelajari dulu dan pahami resikonya sebelum Anda menyetorkan uang Anda. Jangan sekali-kali berinvestasi di bidang yang tidak Anda pahami.
  2. Periksa rekam jejak (track record) pengelola investasi tersebut. Adakah ia pernah melakukan wanprestasi di masa lalu? Pastikan pengelola investasi Anda tidak hanya amanah namun juga kompeten di bidangnya.
  3. Langsung tolak saja jika ada yang menawarkan investasi dengan keuntungan bunga tetap (fix rate). Sekecil apapun bunga tetap yang ditawarkan. Selain haram (riba), sistem seperti ini seringkali bermasalah. Kadangkala, sistem seperti ini hanyalah kedok bagi praktik-praktik money game atau skema Ponzi (bunga yang diberikan diambil dari dana investor yang setor belakangan).
  4. Dengarkan orang yang ahli bukan orang yang menjual. Croscek klaim dengan fakta di lapangan. Cek informasi dari pihak yang netral dan tidak berkepentingan dengan uang Anda.
  5. Cek laporan keuangan terbaru. Jika laporan keuangan saja tidak rapi, jangan harap mereka rapi di hal-hal lainnya.
  6. Bedakan antara hasil di masa lalu dengan proyeksi di masa depan. Ingat bahwa hasil di masa lalu tidak mencerminkan hasil di masa depan.
  7. Jangan tamak. Sebelum berinvestasi, tentukan tujuan investasi Anda dan tepati. Ukur juga tingkat resiko Anda. Tingkat keuntungan selalu berbanding lurus dengan resiko. Sanggupkah Anda menghadapi resiko terburuk? Sanggupkah Anda kehilangan seluruh uang yang Anda investasikan?

Jadi, pada saat Anda menerima penawaran investasi luangkanlah sedikit waktu untuk melakukan hal-hal di atas. Ingat:

“Keahlian menghasilkan uang itu penting, namun yang tak kalah penting adalah keahlian menjaga uang yang telah kita hasilkan”

Artikel terkait: Waspada Investasi Bodong

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

One Reply to “Bagaimana Terhindar dari Penipuan Investasi Bisnis”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *