fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Jualan Anda di Facebook Belum Laku?

1 min read

Mendengar nikmatnya jualan online, membuat kita berbondong-bondong terjun mencari peruntungan di bidang ini. Sebagian besar pemula memulainya dengan menjual melalui sosial media, salah satunya FACEBOOK. Tak heran, karena Facebook saat ini adalah sosial media paling banyak dipakai di Indonesia, jumlah penggunanya sudah tembus lebih dari 40 juta pengguna. Masalahnya, jika memang pengguna Facebook sebanyak itu, mengapa jualan kita di Facebook belum laku-laku juga?

Sumber gambar: socialbrite.org
Sumber gambar: socialbrite.org

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi laku tidaknya jualan Anda di Facebook. Mari kita cek sama-sama.

1. Jumlah teman

Cek jumlah teman Anda. Jangan2 teman Anda baru ratusan atau bahkan puluhan. Tambahkan jumlah teman Anda. Semakin banyak teman Anda, semakin besar peluang produk Anda dibeli. Tentu saja, jika memang Anda berniat jualan, carilah teman-teman tertarget sesuai dengan produk yang Anda jual. 

2. Kualitas teman

Teman Anda banyak, tapi konversi rendah. Cek, apakah teman Anda sudah tertarget? Sudah sesuai dg kriteria target pasar ideal Anda? Atau teman Anda masih acak? Jika belum tertarget, carilah teman yg sesuai dengan target yg Anda kejar. Untuk memudahkan Anda, gunakan alat bantu di link ini.

3. Interaksi

Teman banyak, berkualitas, tapi konversi masih rendah? Cek, apakah Anda sering berinteraksi dengan teman-teman Anda (LKS: like, komen, share). Status Anda hanya muncul di “news feed” teman yg pernah Anda LKS-in.

4. Waktu posting

Kapan Anda posting? Apakah posting Anda muncul ketika trafik FB sedang ramai? Atau trafik FB sdg sepi sehingga tidak terbaca?

5. Script Iklan

Apakah script iklan (bahasa kerennya: copywriting) Anda mampu membuat pembaca membayangkan dan merasakan manfaat produk Anda? Apakah Anda menggunakan script iklan yg sama berulang-ulang? Atau bervariasi? Script iklan yang bervariasi memungkinkan Anda menyentuh target market yg berbeda semakin banyak.

6. Tingkat Trust

Apakah Anda layak dipercaya? Mengapa mereka perlu percaya pada Anda? Apa buktinya Anda dapat dipercaya?

7. Status Lain

Apakah status Anda hanya jualan terus? Atau Anda juga secara teratur membagikan status yg bermanfaat buat teman Anda?

Cek, perbaiki, tingkatkan 7 faktor di atas. Insyaallah jualan Anda di Facebook akan semakin laris. Anda punya tips lain? Silakan share di kolom komentar ya.

PS: Silakan share agar teman-teman Anda terbantu dengan artikel ini.

PSS: Salah satu alat bantu yang saya rekomendasikan untuk memperbanyak teman facebook yang tertarget dan berkualitas bisa dilihat di sini.

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Dua Pertanyaan Emas untuk Konsumen Anda

Tugas kita sebagai seorang pemasar adalah membantu calon pembeli potensial untuk tahu, suka dan percaya pada kita. Sehingga mereka mau membeli, membeli lagi dan...
Darmawan Aji
1 min read

3 Jurus Hypnowriting untuk Anda

Saya akan bagikan tiga jurus Hypnowriting yang dapat segera Anda manfaatkan. Langsung saja ya. Jurus #1 – Awali dengan frasa “Banyak Orang” Misal kita...
Darmawan Aji
1 min read