fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Tips Membangun Tim yang Solid

56 sec read

http://www.flickr.com/photos/gedelila/

Memiliki tim yang solid adalah dambaan para pemimpin di organisasi, baik organisasi sosial maupun bisnis. Ada banyak alasan kenapa para pemimpin mendambakan hal ini. Salah satunya adalah dengan adanya tim yang solid tujuan organisasi akan lebih cepat tercapai. Pertanyaannya, bagaimana strategi membangun tim yang solid?

tips membangun tim yang solid
Sumber gambar: http://www.flickr.com/photos/gedelila/

Berdasar pengamatan dan pengalaman pribadi, saya melihat ada beberapa hal yang akan membentuk kesolidan tim. Berikut adalah ide-ide dari saya.

Pertama, tujuan bersama yang clear. Tanpa adanya tujuan bersama yang clear, tim tidak akan bergerak kemana-mana.

Kedua, pemetaan kekuatan dan kelemahan masing-masing anggota tim. Pemetaan akan membentuk pemahaman kita terhadap masing-masing anggota dan memudahkan kita dalam memetakan tugas yang cocok bagi mereka.

Ketiga, pembagian peran yang jelas. Tidak adanya pembagian peran yang jelas berpotensi memunculkan gesekan  antar anggota tim dan memunculkan kebingungan di antara mereka.

Keempat, budaya akuntabilitas. Proses pertanggungjawaban alias akuntabilitas peran dari para anggota tim perlu dibudayakan. Salah satu caranya adalah dengan membiasakan pertemuan pekanan untuk membahas laporan kegiatan yang sudah dilakukan di pekan lalu dan rencana untuk pekan depan. Namun perlu diingat, pertemuan pekanan ini akan menjadi tidak efektif bila tidak ada tujuan bersama yang clear dan pembagian peran yang jelas antar anggota tim.

Kelima, perayaan bersama. Saat tim mencapai tujuan atau mengalami kemajuan yang mendekatkan mereka pada tujuan, rayakanlah. Perayaan semacam ini akan mempererat ikatan antar anggota tim. Sekecil apapun prestasi anggota tim Anda, rayakanlah!

Demikian lima ide dari saya. Lalu, bagaimana Anda akan memanfaatkannya dalam membangun tim Anda? Dan apa ide Anda untuk membangun kesolidan tim Anda?

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *