fbpx
Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Apa Yang Orang Sukses Lakukan Sebelum Sarapan

1 min read

Buku dari Laura Vanderkam ini memiliki judul yang menggelitik: Apa yang Orang Sukses Lakukan Sebelum Sarapan. Dari judulnya, kita bisa menarik asumsi bahwa orang sukses melakukan hal yang berbeda sebelum sarapan daripada orang rata-rata lainnya. Asumsi ini mendekati kebenaran. Ada sebuah pernyataan menyebutkan, rata-rata orang sukses menuntaskan lebih banyak hal sebelum jam 9 pagi daripada orang lainnya. Inilah yang menarik Laura Vanderkam untuk melakukan interview dan pengamatan terkait kebiasaan pagi pada orang-orang sukses.

Bagi sebagian besar orang, pagi hari seringkali menjadi waktu paling menghebohkan. Mulai dari menyiapkan sarapan, bersitegang dg anak-anak utk ke sekolah, bermacet-macet ke tempat kerja. Akibatnya, pagi yg seharusnya menjadi waktu paling menyegarkan justru jadi memusingkan. Tenaga dan pikiran kita habis utk aktivitas yg tidak begitu produktif.

Padahal waktu pagi adalah waktu yg sangat berharga. Di pagi hari kapasitas willpower kita berada di puncaknya. Artinya kita siap melakukan hal-hal kreatif dan produktif. Sangat disayangkan bila kita menyia-nyiakan potensi ini. Idealnya kita menjadwalkan dan menjalankan prioritas tertinggi kita di pagi hari. Terutama untuk hal-hal penting namun tidak mendesak dalam hidup kita.

Inilah sebabnya setiap orang sukses memanfaatkan waktu paginya dengan baik. Cara kita memanfaatkan pagi kita lah yg membedakan antara kesuksesan dan kekacauan. Dengan sedikit penyesuaian kita masih dapat mengatur pagi di tengah rutinitas kehebohan pagi.

Menurut Vanderkam, orang-orang sukses memanfaatkan pagi mereka untuk mengerjakan aktivitas terkait tiga kategori berikut ini:

1. Mengembangkan bisnis/karier.

Menyusun strategi dan melakukan pekerjaan yang yang memerlukan fokus. Mereka mengerjakan pekerjaan bernilai tertingginya di pagi hari. Seorang penulis misalnya. Bangun lebih pagi kemudian menulis sebelum melakukan aktivitas rutin lainnya.

2. Mempererat hubungan.

Memberikan yg terbaik utk keluarga dan teman. Misalnya meluangkan waktu berkualitas untuk sarapan bersama anak dan pasangan.

3. Memperhatikan diri sendiri.

Melakukan olah raga, olah pikir dan olah jiwa. Beberapa pebisnis meluangkan paginya utk meditasi, olahraga dan membaca sebelum berangkat ke kantornya.

Lalu, bagaimana cara mengubah pagi kita? Ikuti proses lima langkah berikut ini.

  1. Lacak waktu Anda. Kita memiliki 168 jam dalam seminggu. Kita gunakan utk apa saja ke-168 jam ini?
  2. Bayangkan pagi yg sempurna. Seperti apakah pagi sempurna Anda? Aktivitas apa saja yang Anda lakukan? Pikirkan dan rancang dalam benak Anda seideal mungkin. Lalu tuliskan di kertas.
  3. Pahami hal-hal terkait logistik. Dukungan, alat bantu, peralatan dan perlengkapan apa saja yg Anda perlukan utk pagi sempurna Anda?
  4. Ciptakan kebiasaan. Ciptakan ritual pagi Anda. Mulai dari hal kecil. Ingin rutin membaca di pagi hari? Mulai dengan 1 paragraf atau 1 menit. Lalu tingkatkan setiap hari.
  5. Lakukan perubahan sesuai kebutuhan. Hidup berubah. Ritual pun dapat berubah. Sesuaikan sesuai kebutuhan Anda.

Mengubah pagi Anda akan mengubah hidup Anda secara keseluruhan. Pertanyaannya: ritual pagi apa yg akan mulai Anda ciptakan?

Bacaan selanjutnya: Rutinitas Pagi: Pembeda antara Manusia Produktif dengan Selainnya

Darmawan Aji Productivity Coach & NLP Enthusiast. Penulis 4 buku laris: Hypnowriting, Hypnoselling, Life by Design, Productivity Hack. Gandrung membaca, menulis dan berlatih silat tradisional. Tinggal di kaki Gunung Manglayang kota Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *